Kasus
1
RS Y memiliki 6 ruang, ruang 1 untuk bedah dan dalam,
ruang 2 untuk anak, ruang 3 untuk ruang bersalin dan maternitas tiga ruang
lainnya ruang pendukung. Ruang 3 di ruang bersalin dan ruang maternitas sering
terjadi kekacauan dalam job diskrit kerja, perawat di ruang anak sering bermain
di ruang maternitas. Tentukan konsep motivasi agar perawat bisa lebih tanggung
jawab / disiplin !
Pengertian Motivasi
Motivasi adalah karakteristik psikologis manusia yang
memberi kontribusi pada tingkat komitmen seseorang.
Memotivasi adalah proses
manajemen untuk mempengaruhi tingkah laku manusia berdasarkan pengetahuan
mengenai “ apa yang membuat orang tersebut tergerak “
Bentuk
Motivasi
1. Motivasi intrinsik
Motivasi yang datang dari dalam diri individu sendiri.
2. Motivasi eksrinsik
Motivasi yang datang dari luar individu.
3. Motivasi terdesak
Motivasi yang muncul dalam kondisi terjepit dan
munculnya serentak serta menghentak dan cepat sekali.
Teori
yang Muncul dalam Proses Motivasi
- Teori penguatan
- Teori harapan
- Teori keadilan
- Teori penetapan tujuan
Teori
Kepuasan dalam Motivasi
Teori kepuasan memusatkan perhatian pada faktor –
faktor internal di dalam diri seseorang, yang menggerakkan, mengarahkan,
mendukung dan menghentikan perilaku.
Teori
Kepuasan yang sangat penting :
- Hierarki kebutuhan :
Ia memandang bahwa kebutuhan
manusia tersusun atas suatu urutan kebutuhan mulai dari kebutuhan yang paling
mendasar sampai paling tinggi. Urutan kebutuhan manusia yang paling mendasar
sampai yang paling tinggi diantaranya adalah :
- Fisiologi
- Keamanan dan keselamatan
- Rasa memiliki, sosial dan cinta.
- Harga diri
- Aktualisasi diri
- Teori ERG
Teori ini memandang
kebutuhan manusia sebagai suatu hirarki,namun dalam teori ini ada 3 hyrarki
diantaranya :
a. eksistensi
b. Keterkaitan
c. Pertumbuhan
- Teori 2 faktor
Dikemukaan oleh frederick herzberg yang menyatakan
bahwa ketidak puasan dan puasa dalam bekerja muncul dalam 2 dimensi (kelompok
faktor) yang terpisah. Kondisi ekstrinsik pekerjaan yang bagus akan
menghilangkan ketidak puasan,tapi tidak sampai menimbulkan kepuasan.faktor ini
di sebut faktor hiegien.sedangkan kondisi intrinsik pekerjaan yg bagus akan
memunculkan kepuasan dan bisa menjadi motivasi bekerja,shg disebut faktor
motivator.
- Teori kebutuhan yang di pelajari
Teori motivasi yang berkaitan erat dengan konsep
belajar,
3 dari kebutuhan yang di pelajari adalah :
1. Kebutuhan berprestasi
2. Kebutuhan menjalin hubungan / beralifisasi
3. Kebutuhan berkuasa
3
tipe pembelajaran yg penting diketahui sebelum mempelajari teori-teori proses
motivasi
1. Pengkondisian klasik : mengungkapkan bahwa tanggapan
atau respon terkondisi bisa muncul atas adanya stimulus terkondisi yang
sebelumnya diberikan secara teratur.
2. Pengkondisian operan : berkaitan dg pembelajaran yang
terjadi sebagai konsekuensi perilaku.
3. Pembelajaran melalui pengamatan : pembelajaran dg
melakukan pengamatan pd orang lain yang mempunyai kinerja lebih baik dan
belajar untuk menirunya.
Teori
proses motivasi
- Teori penguatan : dalam teori ini diungkapkan bagaimana konsekuensi perilaku masa lampau mempengaruhi tindakan di masa depan dalam suatu proses belajar. Sedangkan penguatan sendiri adalah suatu yang meningkatkan kekuatan respon dan cenderung menyebabkan pengulangan perilaku yang didahului oleh penguatan.
Stimulus respons konsekuensi
respons masa depan
- Teori harapan : cara memilih dan bertindak dari beberapa alternatif perilaku berdasarkan harapannya.
Teori harapan mencakup
konsep dasar sbb :
1) Hasil tingkat pertama yang diperoleh dari perilaku :
hasil yg brkenaan dng pelaksanaan pekerjaan itu sendiri, sedangkan hasil
tingkat kedua adalah keajaiban (berupa penghargaan atau hukuman)
2) Instrumentalitas : kadar keyakinan seseorang bahwa
hasil tingkat pertama akan menghasilkan tingkat ke dua.
3) Valensi : kekuatan keinginan seseorang untuk mencapai
hasil tertentu, baik ini menyangkut hasil tingkat pertama maupun tingkat ke
dua.
4) Harapan : berkaitan dengan keyakinan seseorang
mengenai kemungkinan suatu perilaku tertentu akan di ikuti oleh hasil tertentu.
- Teori keadilan : bahwa karyawan membandingkan usaha dan imbalan yang diterima dg karyawan yg lainnya dlm situasi kerja karja yg sama.
ada 4
ukuran penting dlm teori ini :
1) Orang
2) Perbandingan dari orang lain
3) Masukan (input)
4) Perolehan (outcome)
- Teori penetapan tujuan :menetapkan tujuan kerja untuk bisa mencapai tujuan tersebut.
Motivasi kerja
Pengertian bekerja adalah suatu bentuk aktivitas yang
bertujuan untuk mendapatkan kepuasan. Sedangkan motivasi kerja adalah suatu
kondisi yang berpengaruh untuk membangkitkan, mengarahkan dan memelihara
perilaku yang berhubungan dengan lingkungan kerja (mangku negara 2000)
Prinsip
– prinsip dalam memotivasi kerja pegawai :
1.
prinsip
partisipasi
2.
prinsip
komunikasi
3.
prinsip
pengakuan
4.
prinsip
pendelegasian wewenang
5.
prinsip
perhatian.
Peran
menejer dalam menciptakan motivasi
Menejer memegang peran penting dlm memotivasi staf
untuk mencapai tujuan organisasi.
Hal yg perlu dilksanakan dlm menciptakan suasana yg
memotivasi :
a) Menjadi role model
b) Memberikan dukungan yang positif
c) Menciptakan situasi saling percaya dan kekeluargaan dg
staf
d) Mengambil keputusan dg tepat dan sesuai
e) Mengembangkan konsep tim kerja
f) Bersikap adil dan konsisten terhadap semua staf dan
karyawan dll
Peran
mentor sebagai instrumen peningkatan motivasi kerja :
- Model
- Envisioner
- Energizer
- Invertor
- Supporter
- Pemegang prosedur standar
- Teacher-choath
- Feedback giver
- Eye-opener
- Door-opener
- Idea bouncer
- Problem solver
- Career counselor
- challenger
Self
Motivasion untuk menejer
1. Mempertahankanitas diet dan aktifitas
2. Mencari aktivitas yg membantu menejer untuk dapat
merasa santai
3. Memisahkan urusan pribadi dg pekerjaan
4. Menurunkan harapan yg terlalu tinggi dari diri sendiri
dan orang lain
- Mengenali keterbatasan atau kelemahan diri sendiri
- Bersantai,tertawa,dan berkumpul dg teman2nya
Faktor
yg mempengaruhi kinerja dan kepuasan kerja :
1.
Motivasi
Faktor-faktor yg mempengruhi
motivasi :
• Keinginan akan adanya peningkatan
• Rasa percaya bahwa gaji yg didapatkan sudah mencukupi
• Memiliki kemampuan pengetahuan,keterampilan,dan
nilai-nilai yg diperlukan
• Adanya umpan balik
• Adanya kesempatan untuk mencoba pendekatan baru dlm
melakukan pekerjaan
• Adanya istrumen kerja untuk promosi,kerjasama dan
peningkatan penghasilan
• Adanya kesempatan untuk mencoba pendekatan baru dlm
melakukan pekerjaan
• Adanya istrumen kerja untuk promosi,kerjasama dan
peningkatan penghasilan
2.
Lingkungan
3.
Komunikasi
a) Penghargaan terhadap usaha yang telah dilakukan
b) Pengetahuan tentang kegiatan organisasi
c) Rasa percaya diri berhubungan dengan menejemen organisasi
4.
Potensi
pengembangan
a) Kesempatan untuk berkembang,meningkatkan
karier,&mendptkan promosi
b) Dukungan untuk tumbuh & berkembang sprt pelatihan
biaya siswa untuk melanjutkan pendidikan
c) kebijakan individu
d) Ketenangan dlm bekerja
e) Loyalitas organisasi terhadap staf
f) Penghargaan staf sesuai dg agama dan latar belakangnya
g) Keputusan organisasi yg adil dan konsisten
h) Upah dan gaji yg mencukupi kebutuhan hidup
i) Kondisi kerja yg kondusif
Erni purwani kel.6:
BalasHapussaya mau tanya apa yang akan anda lakukan jika terjadi konflik di sebuah ruangan? terimakacih,,,
dwi teguh kel 6 : mau tanya, penyelesaian konflik yang baik itu yang bagaimana ???????????
BalasHapusdeivina vivian kelompok 4,,,,ingin menjawab pertanyaan dwi teguh,,,,penyelesaian konflik yang baik tergantung konfliknya,,,,yang anda maksud konflik seperti apa dulu????
BalasHapusdewi paramitasari,,,,ingin menjawab pertanyaan dari erni,,,
BalasHapusyang anda maksud konflik seperti apa dulu
eni susanti kel 6:
BalasHapussaya kurang faham tentang konflik fungsional dan disfungsional,tolong jelaskan kembali?,,terimaksih,
dinna : Konflik Fungsional
BalasHapusKonflik yg mendukung sasaran kelompok dan memperbaiki
kinerjanya sedangkan Konflik Disfungsional
Konflik yg menghambat kinerja kelompok.
Dhenis (Kel 5) tanya : apa yang terjadi jika konflik itu sudah sampai berdampak pada psikologis yang mendalam kemudian sebagai seorang pemimpin apa yang akan anda lakukan, mekanisme yang bagaimana yang bisa anda terapkan dalam penanganan konflik tersebut ?
BalasHapusdwi muntari dari kel 6
BalasHapusjelaskan prinsip2 yang memotivasi kerja pegawai!!!!!!!1
Sebelumnya terima kasih atas pertanyaan dari Denis. Nama saya Bagus akan mencoba menjawabnya. Jika konflik sudah berdampak pada psikologis seseorang, maka sebagai pemimpin akan mengidentifikasi dulu penyebab konflik tsb. Kemudian dilakukan hubungan trust kepada perawat pelaksana dan mengeksplor penyebab masalahnya, kmdn dilakukan diagnosa sampai dengan evaluasi. setelah evaluasi dilakukan pengkajian / pengenalan ulang apakah hasil perencanaan sudah sesuai yang diharapkan atau belum. Jika belum dilakukan mulai dari tahap awal lagi.
BalasHapusdinna : saya akan mencoba menjawab pertanyaan dari dwi muntari, menurut saya prinsip motivasi ada 5 yaitu :
BalasHapus1.prinsip partisipasi:prinsip dimana manajer juga harus berpartisipasi dalam segala kegiatan dan manajer juga harus ikut memotivasi para pegawai.
2.prinsip komunikasi:dalam memotivasi manajer harus melakukan komunikasi karena kalau tidak akan terjadi kesalah pahaman.
3.prinsip pengakuan: harus ada pengakuan antara para pegawai dan manajer.
4.prinsip pendelegasian wewenang:pelimpahan tugas kepada para pegawai dari manajer.
5.prinsip perhatian:manajer harus memperhatikan pekerjaan para pegawai begitu pula para pegawai harus memperhatikan manajer. trima kasih,,jika ada yang kurang mohon ditambahkan.